TqNvRqdbRqAvTqwnYFdnRFG9TKTusBSpMXQpaVQps6ftMBL=

Semarak UMKM Jakarta

×

Bir Pletok Minuman Tradisional Khas Betawi Yang Menyehatkan dan Tidak Memabukkan

https://www.rasamantap.com/2021/09/bir-pletok-minuman-tradisional-khas.html

Bir Pletok Minuman Tradisional Khas Betawi Yang Menyehatkan dan Tidak Memabukkan

Salam perjumpaan sobat Rasa, kali ini rasamantap akan memberikan informasi tentang Bir Pletok, salah satu minuman tradisional khas Betawi yang walaupun menyandang kata 'bir' namun minuman bir pletok ini tidak mengandung alkohol bahkan memiliki beragam manfaat.

Bir pletok dipercaya merupakan minuman hasil kearifan lokal masyarakat Betawi tempo dulu. menurut sejarah, di zaman penjajahan Belanda ada masyarakat Betawi yang tergoda untuk mencoba meminum bir seperti yang banyak dilakukan oleh warga Belanda yang selalu mengonsumsi bir di dalam sebuah perayaan khusus.

foto Bir Pletok : IG @jakprenuer

Namun karena masyarakat Betawi dikenal sebagai Muslim yang ta'at dan memahami bahwa meminum bir itu melanggar ajaran agama serta telah menyaksikan bahwa efek minuman keras tersebut kurang baik karena membuat orang menjadi mabuk. 

Oleh karena hal tersebut orang Betawi tempo dulu mencoba meracik minuman yang dapat menghangatkan badan, tetapi tidak menyebabkan peminumnya mabuk. Maka terciptalah minuman yang rasanya nikmat, berkhasiat menghangatkan badan dan memiliki khasiat-khasiat lainnya yang juga menyehatkan tubuh.

Soal asal usul kata Bir Pletok, ada yang mempercayai jika kata 'bir' di bir pletok berasal dari kata bi'run yang artinya abyar atau sumber mata air dan kata 'pletok' artinya ada tiga yakni, dibuat dari bambu, ditaruh diteko dan dikocok sehingga berbunyi pletok. Penggabungan kata bir dan pletok menjadi nama dari minuman hasil racikan rempah-rempah tersebut.

Rasa Mantap - Bir Pletok Hj. Amilati

Masyarakat Betawi biasanya mengonsumsi minuman yang terbuat dari campuran 9 macam rempah alami yang direbus jadi satu, yaitu Jahe, Biji pala, Serai, Lada, Kapulaga, Daun Pandan, Daon Jeruk, Kayu Manis dan Kulit kayu Secang sebagai pewarna merah ini pada malam hari sebagai penghangat tubuh. 

Karena pemakaian bahan  rempah inilah bir pletok juga dipercayai memiliki beberapa khasiat kesehatan   selain untuk menghangatkan tubuh yaitu : memperlancar peredaran darah, mengatasi nyeri lambung, memulihkan radang sendi mengobati migran.

Penyajian bir pletok yang aromanya semerbak wangi dan rasanya terbilang unik, ada rasa manis, hangat dan sedikit pedas yang bisa disesuaikan dengan selera.

Bir Pletok sangat cocok diminum selagi hangat terutama di malam hari saat turun hujan namun bir pletok enak juga disajikan dingin dengan tambahan es batu, terasa seger banget.

Rasa Mantap - Bir Pletok ABS

Nah buat sobat Rasa, yang ingin menikmati sensasi rasa bir pletok yang semakin populer seantero Jabodetabek ini bisa membeli marketplace kuliner rasamantap (Link label bir pletok atau kuliner khas betawi)

Berikut para peracik bir pletok di sekitar jabodetabek yang telah menjual produknya baik secara online di marketplace kuliner rasamantap atau berjualan secara office :

 1. 1. Bir Pletok ABS, Jl. Kembang Sepatu no. 63 Kramat Senen,  Jakarta Pusat 

 2. Bir Pletok Peci Merah, Jl.Raya Condet 99 Condet Kramatjati Jakarta Timur

Rasa Mantap_Bir Pletok Peci Merah

 3. Bir Pletok bang Uchi, Jl. Kp. Bulak No.1 Harapan Baru Bekasi Utara,  Bekasi.

Rasa Mantap_Bir Pletok bang Uchi

 4. Bir Pletok Alifah, Jl. Adhi Karya No. 1 RW.5, Kedua Jakarta Barat 081316898903

 5. Bir Pletok Asli Betawi AB, Jl. Mampir Prapatan XI Gg. Citra Tegal Parang Jakarta Selatan. 

 6. Bir Pletok Cap Peci, Babe Ibrohim, Jl. H. Oyar Rt.03 Rw.02 Pegangan Dua Kelapa Gading Jakarta Utara

 7. Bir Pletok bang Achmad,  Jl. KSU Rt.03 Rw.06 Sukmajaya Depok

Rasa Mantap_Bir Pletok bang Achmad Depok

 8. Bir Pletok bang Bhewok,  Jl. HOS Cokroaminoto Rt.03 Rw.012 Larangan Utara, Larangan Tangerang

Rasa Mantap - Bir Pletok AB Asli Betawi


KulinerBetawi

KulinerKhasBetawi

Rasamantap 

6602712006928720154
banner
banner
Bir Pletok Minuman Tradisional Khas Betawi Yang Menyehatkan dan Tidak Memabukkan

Form Bantuan Whatsapp

Hello! Ada yang bisa dibantu?
×

Produk Terkait

Chat Kami disini
Home
Notif
Darkmode
Total Harga ( Produk)

:

:

Ongkos kirim akan muncul setelah ongkir dipilih

Biaya ongkir:
Total Pembayaran:

Mulai dari jalan, RT/RW, Kec, Kab, Prov dan Kode POS

Tulis catatan disini untuk keterangan lainnya

KIRIM