TqNvRqdbRqAvTqwnYFdnRFG9TKTusBSpMXQpaVQps6ftMBL=

Jakarta Hajatan

×

Es Selendang Mayang Kuliner Warisan Budaya Takbenda Khas Betawi

https://www.rasamantap.com/2021/09/es-selendang-mayang-kuliner-warisan.html

Es Selendang Mayang merupakan salah satu kuliner khas betawi yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada tahun 2019 oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Es Selendang Mayang pernah menjadi kuliner Betawi yang populer di tengah masyarakat yang dijajakan oleh penjualnya dengan cara dipikul. Minuman yang satu ini pada awalnya disajikan di acara-acara yang istimewa seperti pada hari raya dan acara keluarga lainnya.

Kuliner ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung Hun Ku Kuwe yang dimasak dan diberi pewarna makanan kemudian dicetak di loyang sehingga tercipta kue berlapis tiga warna putih, hijau dan merah.

Kue Selendang Mayang yang berlapis tiga warna kemudian dipotong berbentuk kotak memanjang agak tipis kemudian disajikan di mangkuk dan disiram dengan kuah yang terdiri dari santan yang diberi pewangi daun pandan, gula merah dan ditambahkan potongan es. Dan taraaa Es Selendang Mayang siap dinikmati :)

Nama selendang mayang berasal dari kata selendang karena kuenya yang berlapis tiga warna seperti warna sebuah selendang dan kata mayang yang memiliki arti manis dan kenyal. Rasa es selendang Mayang yang manis dan menyegarkan ini memang sangat pas dinikmati saat siang hari sebagai minuman penghalau panas. 

Di masa sekarang apalagi di saat pandai seperti ini sobat Rasa Mantap akan kesulitan menemukan penjaja es selendang mayang yang berkeliling.

Namun untuk bisa menikmati es selendang mayang kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dengan resep Es Selendang Mayang di bawah ini :

Bahan dan Cara Membuat Kue Selendang Mayang :

  • Tepung sagu aren 50 gr 
  • Tepung hunkwe 50 gr 
  • Tepung beras 1 sdm 
  • Daun pandan 2 lembar 
  • Garam 1/2 sdt 
  • Gula pasir 125 gr 
  • Pewarna makanan merah muda dan hijau secukupnya
  • Air 750 ml 

1. Campur tepung sagu, hunkwe, dan tepung beras lalu larutkan dengan 250 ml air, sisihkan.

2. Masak dan didihkan sisa air, masukkan gula pasir, daun pandan dan garam sampai gula larut. Kemudian angkat dan saring. 

3. Masak kembali campuran air dan gula tersebut di atas api kecil.

4. Kemudian campurkan adonan tepung ke dalam air gula, aduk cepat hingga rata. Didihkan lalu angkat. Tuang adonan dan ratakan ke dalam loyang. Beri pewarna, ratakan dengan kuas hingga seluruh permukaan berwarna merah atau hijau. Biarkan dingin dan mengeras.

Bahan dan Cara Membuat kuah :

  • a. Santan : 750 ml santan dari 1 butir kelapa, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir, dan 3 lembar daun pandan.
  • b. Air gula : 300 gr gula merah sisir halus, 1/4 sdt garam, dan 300 ml air.

1. Rebus santan, garam, gula, dan daun pandan dengan api sedang sesekali diaduk agar santan tidak pecah. setelah mendidih, angkat dan sisihkan. 

2. Rebus air, gula merah, dan garam dengan api sedang. Setelah air mendidih dan gula larut kecilkan api dan masak sampai larutan gula mengental. Angkat dan biarkan dingin.

Penyajian kue Selendang Mayang

  • Potong-potong kue selendang mayang kecil dan memanjang, tempatkan dalam mangkuk. Siram dengan santan dan larutan gula di atasnya. Agar terasa lebih menyegarkan sajikan dingin dengan tambahkan es batu atau es serut.

 Selamat menikmati. !


6602712006928720154
banner
banner

Form Bantuan Whatsapp

Hello! Ada yang bisa dibantu?
×

Produk Terkait

Chat Kami disini
Home
Notif
Darkmode
Total Harga ( Produk)

:

:

Ongkos kirim akan muncul setelah ongkir dipilih

Biaya ongkir:
Total Pembayaran:

Mulai dari jalan, RT/RW, Kec, Kab, Prov dan Kode POS

Tulis catatan disini untuk keterangan lainnya

KIRIM